Dampak Hutan Gundul

Selama ini setiap ada bencana banjir, selalu saja hutan gundul dijadikan kambing hitam di negara kita karena sering terjadi bencana salah satunya adalah banjir, banjir bukan hanya disebabkan tingginya curah hujan tapi juga karena alam tidak bisa lagi menampung air hujan akibat lingkungan rusak, hutan banyak yang gundul, selain itu hujan yang turun terus menerus menimbulkan banjir di beberapa daerah, terutama di Pulau Jawa tetapi yang paling sering terkena musibah banjir adalah kota Jakarta.

Banyak orang yang berkata semua itu terjadi karena ulah manusia merusak hutan, melakukan penebangan secara serampangan merupakan bom waktu di kemudian hari. Namun, hal ini berkali-kali terjadi, hutan tetap saja dijarah, sedangkan penanaman kembali tidak secepat penjarahan itu terjadi. Semestinya manusia hidup bersatu dengan alam dan memelihara lingkungan sekitar. Jika lingkungan dirusak, akibatnya sungguh luar biasa, dan akhirnya manusia juga yang menderita. Semua itu karena faktor utama pendorong tingginya penggundulan hutan di Indonesia adalah pembalakan liar untuk industri kertas, kayu, dan pembukaan lahan gambut untuk perluasan kelapa sawit. Padahal banjir, kekeringan, dan perubahan pola iklim akan memengaruhi ketahanan pangan pula. Selain itu kegundulan hutan membawa efek negatif antara lain terjadinya konflik antara manusia dan satwa liar, seperti gajah dan harimau. Selain itu, juga mengundang bencana alam, berupa banjir dan tanah longsor.

Kalau masih ingin dikaitkan dengan hutan gundul, maka kondisi ruang terbuka hijau di luar kawasan konservasi yang menurun kualitas dan kuantitasnya. Ruang terbuka hijau itu merupakan kawasan tangkapan dan resapan air. Kondisi buruk tersebut masih diperparah dengan semakin banyaknya situ, danau, dan rawa yang berfungsi sebagai tempat parkir air, semakin berkurang luasnya. Bersama dengan curah hujan yang tinggi, lengkaplah bila banjir Jakarta disebabkan oleh kondisi hidroorologis yang buruk. Terkait dengan hal ini adalah tidak ada lagi sisa ruang terbuka diantara butir-butir tanah untuk menyimpan molekul air. Yang tersisa hanya ruang terbuka diantara agregat tanah, sehingga sub surface run off berkurang. Penyebab banjir di Jakarta dan sekitarnya yang paling dekat dengan hutan gundul ini dapat memberi arah, kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan institusi kehutanan untuk berperan aktif guna mencegah bencana yang sama di masa yang akan datang. Arahan ini akan menghindari tumpang tindih kegiatan antar instansi, sehingga akan lebih menghemat biaya.

Untuk semua orang di Indonesia, mari kita berantas pelaku pembalakan liar agar hutan-hutan di negara kita tidak lagi gundul dan banyak kota yang teselamatkan dari musibah yang berakibat dari penggundulan hutan. Tanamlah tumbuhan di halaman rumah kita, agar rumah kita terasa sejuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: